Friday 5 June 2015

Berkreatifitas Dengan Musik dan Lagu



Siapa yang gak suka mendengarkan musik? Pasti semua orang suka, gak mungkin gak, entah apa itu alirannya, setiap orang pasti punya seleranya masing-masing. Bagi kebanyakan orang, musik pasti sudah merupakan bagian dari hidupnya. Memang hampir di sebagian besar kegiatan hidup, musik pasti akan menjadi pelengkap. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mendengarkan lagu bisa memberikan efek yang nyata pada berbagai bagian otak yang bertanggung jawab terhadap beberapa aspek, seperti memori dan visual. Menurut seorang psikolog dari London, Dr Victoria, mendengarkan musik bisa mempengaruhi reaksi yang sangat luas dalam tubuh dan pikiran,dan beberapa bagian otak bisa diaktifkan oleh sebuah musik (sumber: www.carakhasiatmanfaat.com). 

Dari pengalaman saya sendiri, mendengarkan musik dapat meningkatkan mood dan mengekspresikan suasanan hati dan juga justru meningkatkan konsentrasi saya. Terbukti dari kebiasaan saya yang sering mengendarai motor berpergian jauh sambil mendengarkan musik dengan headset di balik helm saya. Dengan cara ini saya justru menjadi sangat bersemangat saat mengendarai motor karena musik meningkatkan mood saya, apalagi kalau lagunya sesuai dengan suasana di sekitar saya saat mengendarai motor. Walapun saya ngebut tapi saya tetap bisa berkonsentrasi dan nyalip sana sini (kayak anak racing aja). Saya sangat senang mendengarkan berbagai jenis musik dari berbagai aliran, dantaranya aliran yang paling saya suka yaitu punk rock, Hip-hop, nu metal, pop, pop funk dan lain-lain. Kadang kalau ada lagu yang memang sesuai dengan suasana hati dan suasana di sekitar saya, saya senang mendengarkannya, entah apa itu alirannya. Kecintaan saya terhadap musik membuat saya sampai-sampai rela membeli HP second bukan untuk nelfon dan sms tapi justru saya fungsikan sebagai mp3 player. Saya beli Nokia X3 Express Music yang second supaya ada tombol musiknya dan sudah ratusan lagu saya masukkan ke sana. HP jenis ini sekarang sudah langka, tapi setelah berusaha terus mencari akhirnya saya dapat HPnya....hehe... HP ini juga sering rusak, yah..yang namanya HP second pasti kualitasnya jelek, tapi kalau rusak pasti langsung saya perbaiki.




Nah..karena kecintaan saya terhadap musik juga, dari waktu ke waktu, saya jadi punya pikiran untuk membuat lagu ciptaan saya sendiri. Sebenarnya dulu awalnya cuma ikut-ikutan temen, waktu SMP ada temen ngajak saya untuk nyanyi bareng lagu ciptaanya untuk ngisi acara di acara sekolah (lupa acara apa). Dulu saya dan teman saya tersebut sangat senang aliran Hip-hop, jadi teman saya itu dulu buat lagu Rap, dan saya juga waktu itu memang suka nge-Rap. Melihat teman saya bisa buat lagu, saya jadi ingin buat lagu juga.

Dari waktu ke waktu semangat saya buat nulis lagu jadi semakin besar, entah itu lagu Rap atau lagu biasa. Kebanyakan lirik yang saya buat adalah curahan hati saya dan itu menjadi kepuasan tersendiri ketika saya bisa mengungkapkan isi hati saya dalam bentuk lirik dan nada. Lama kelamaan, menulis lagu menjadi salah satu hobi. Dulu ketika SMA pernah ada lomba musikalisasi puisi yang diadakan oleh SMA lain. SMA kami mengeluarkan beberapa kelompok perwakilan dan saya salah satunya diajak untuk ikut lomba tersebut karena teman saya tau saya bisa membuat lagu. Saya pikir ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan bakat saya, jadi saya terima saja ajakannya. Pada lomba musikalisasi puisi tersebut kita dibebaskan untuk membuat puisi karangan kita sendiri untuk dilagukan. Kalau tidak salah lomba tersebut juga serangkaian hari Valentine, jadi musikalisasi puisi yang kita bawakan harus bertemakan Cinta (tentang musikalisasi puisi atau 'muspus' saya akan bahas di artikel selanjutnya).


Salah satu puisi yang pernah saya ubah jadi lagu

Sampai sekarang sudah kuliah semester 4 kalau memang lagi gak sibuk dan gak ada kerjaan saya pasti mengisi waktu saya salah satunya dengan membuat lagu. Ya hanya sekedar iseng iseng. Tapi saya belakangan ini sudah tidak pernah lagi buat lagu Rap karena membuat lagu bernada rasanya lebih menarik. Biasanya kalau ingin membuat lagu pasti saya dapatkan nadanya terlebih dahulu, kalau saya rasa nada yang saya dapatkan bagus baru saya membuat liriknya. Oleh karena itu kalau saya mendapat nada yang bagus saya akan langsung merekamnya dan disimpan sebagai bahan nanti kalau ingin membuat lagu agar tinggal buat liriknya saja. Saat ini ada puluhan nada-nada terekam di HP saya dan siap untuk dijadikan lagu jika saya ingin.

Ada beberapa lagu yang sudah jadi dan saya rekam menjadi bentuk mp3. Beberapa diantaranya sudah saya unggah di blog ini. Bisa dilihat di bagian atas ada pemutar musik, jika ingin melihat playlistnya bisa tinggal klik tombol playlist di pojok kanan atas blog ini. Ada lagu yang total saya buat sendiri dan lagu yang saya garap bersama beberapa teman saya dulu ketika SMA.  




Begitulah sedikit pembahasan tentang salah satu hobi saya yaitu membuat lagu. Bisa mencurahkan hati dalam bentuk lirik dan nada merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Mungkin saja juga anda yang membaca artikel ini jika kebetulan punya hobi yang sama pasti tau rasanya bagaimana senangnya kalau bisa menyelesaikan satu lagu buatan sendiri. 

THANKS FOR READING :D





No comments:

Post a Comment