Thursday 4 June 2015

Membuat Jaringan FTP Antara Android dan PC Melalui Wifi



File Tranfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan komputer. Dengan jaringan FTP kita akan bisa melakukan transfer file antara satu komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan komputer. Namun jaringan FTP tidak hanya bisa dilakukan antar komputer, tapi juga bisa dilakukan antara komputer dan smartphone. Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat jaringan FTP antara Android dengan PC dengan menggunakan koneksi Wifi. Keuntungan yang didapat dengan dengan menerapkan FTP antara Android dengan PC yaitu lebih memudahkan kita dalam melakukan transfer file antara Android dan PC. Biasanya kita akan membutuhkan kabel data untuk melakukan transfer file baik dari Android ke PC ataupun sebaliknya, tapi sekarang kita tidak akan membutuhkan kabel data lagi karena dengan membuat jaringan FTP melalui Wifi kita bisa melakukan transfer file dari seberapapun jarak dan posisi manapun yang kita inginkan sesuai dengan jangkauan sinyal hotspot yang kita buat (akan dijelaskan nanti). Keuntungan yang lain adalah kita bisa me-manage file didalam komputer kita melalui Android kita sendiri. Jadi kita bisa me-manage file di dalam komputer kita sembari kita tiduran. Kita juga dapat mengakses file di dalam komputer kita melalui Android kita sendiri. Contohnya yang seperti saya sering lakukan yaitu menonton film di dalam komputer saya melalui Android saya sendiri tanpa harus meng-copy file film yang biasanya berukuran sangat besar ke Android saya terlebih dahulu. Jadi kita tidak perlu kawatir lagi akan sisa memory tidak cukup jika kita ingin menonton film melalui HP.



Aplikasi yang dibutuhkan yaitu Connectify pada PC dan ES File Explorer pada Android, tinggal googling saja untuk mencari aplikasi-aplikasi tersebut. Ada juga beberapa pengaturan yang harus dilakukan agar FTP bisa dibuat. Berikut langkah-langkah membuat jaringan FTP antara Android dan PC melalui Wifi:

1). Sebelum kita menginstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan di PC kita sendiri yang akan dijadikan server. Sebagai server di dalam jaringan FTP kita dapat memilih folder atau disc mana saja yang kita ingin share sehingga di dalam jaringan tersebut para client akan bisa melihat dan mengakses file di dalam folder atau disc yang kita share tersebut. Sebagai contoh seperti yang sudah saya lakukan, di komputer saya, saya memilih "local disc (D:)" untuk di share dalam jaringan FTP karena sebagian besar file saya berada di disc tersebut. Agar "local disc (D:)" bisa di share pertama-tama klik kanan pada "local disc (D:)", klik Properties lalu klik Sharing. Klik Advance Sharing lalu centang "share this folder".  


Setelah itu klik Caching dan centang pilihan ketiga lalu klik OK. Klik Permisions lalu centang pilihan Allow pada full control, change dan read, klik apply lalu OK. Kini local disc (D:) telah tersharing.




2). Setelah melakukan pengaturan tersebut, lalu kita harus membuat hotspot kita sendiri. Instal Connectify di komputer anda lalu buat hotspot dengan nama dan password sesuai keinginan anda sendiri. Klik Start Hotspot untuk memulai hotspot anda.

3). Setelah hotspot dibuat, hidupkan Wifi pada Android anda lalu hubungkan ke hotspot yang anda buat.

4). Instal ES File Explorer pada Android anda. Setelah terinstal, buka ES File Explorer lalu cari jendela Network seperti pada gambar.



5). Pada jendela tersebut, klik scan sehingga nanti komputer kita beserta alamat IPnya akan terbaca.


6). Setelah itu klik icon komputer anda lalu masukkan username dan password komputer anda (komputer harus dilengkapi username dan password). Centang Remember Password agar bisa login otomatis.


7). Setelah login kita akan melihat folder Local Disc (D:) yang telah di share tadi. Klik pada icon folder tersebut sehingga kita akan dapat melihat file-file yang ada di dalam Local Disc (D:) dari Android kita. 



Dari sini, kita bisa mentranfer file dari Android ke PC atau sebaliknya, memanage file computer kita, dan mengakses file di dalam komputer kita melalui HP Android kita. Gambar di bawah menunjukkan saya sedang memutar video yang ada di dalam komputer saya melalui HP Android saya tanpa harus meng-copynya terlebih dahulu. Tulisan di atas garis merah menunjukkan alamat video pada jaringan FTP yang saya buat.


Kebetulan cara membuat jaringan FTP antara Android dan PC melalui Wifi ini saya temukan sendiri caranya, jadi saya sangat ingin mempublikasikannya.....Hehe... 

Demikian sedikit ilmu yang sekiranya bisa saya share. Semoga bermanfat bagi yang membaca.....

6 comments:

  1. apa harus pakai connectify??
    saya pake Baidu PC Faster tidak bisa (di scan ES FM tidak nampak)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin menggunakan aplikasi Hotspot lain bisa. Tapi saya sarankan pakai Connectify saja. Gampang cari downloadannya di mbah Google

      Delete
  2. Total Network Inventory 3.5.0 Crack Latest Free Download
    Very informative article sir. It's really interesting to read your article.

    ReplyDelete
  3. Nice article. Thanks for sharing. Thops.tv is not just a platform to stream dramas and movies; it's an immersive experience that prioritizes your comfort and enjoyment. Here is Thops TV APK official site link source .

    ReplyDelete